Syarat Daftar UMKM

Bagi kalian yang sedang menjalani sebuah usaha mikro kecil menengah, maka kalian wajib tahu cara mendaftar UMKM dan Syarat Daftar UMKM.

Apabila usaha yang kalian miliki terdaftar maka ada kemungkinan kalian bisa mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah.

Akibat pandemi Covid-19 ini membawa banyak dampak yang buruk disetiap sektor perekonomian negara. Hampir segala sektor perekonomian terutama UMKM terkena dampak negatif, seperti penurunan omset yang sangat drastis.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar perekonomian indonesia tidak merosot semakin jauh.

Salah satu upaya nya adalah dengan memberikan bantuan terhadap sejumlah pelaku usaha UMKM dan masyarakat yang kurang mampu.

Tetapi, tidak semua UMKM bisa mendapatkan bantuan ini yang bisa mendapatkan bantuan adalah UMKM yang telah melakukan pendaftaran.

Bagi kalian yang membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk menambah modal usaha kalian, maka kalian langsung saja daftarkan usaha UMKM yang kalian punya melalui tempat yang sudah ditentukan.

Silahkan kalian pahami penjelasan kami dibawah ini, mengenai cara mendaftar UMKM langsung maupun via online.

Tentang BLT UMKM Indonesia

Syarat daftar UMKM

Sejak tahun 2020 pemerintah mulai menjalankan program BLT UMKM ini dan di tahun 2021 ini pemerintah menargetkan akan memberikan bantuan kepada 12,8 juta para pelaku UMKM sebesar 15,36 triliun rupiah untuk melaksanakan program BLT ini.

Baca Juga : Situs Penghasil Uang

Program bantuan ini diperuntukkan bagi usaha yang belum bisa mengajukan kredit di Bank manapun. Di berbagai daerah banyak yang sudah mendaftar UMKM secara online.

Tetapi masih ada juga sebagian pemerintah daerah yang mengharuskan pelaku usaha UMKM ini mengajukan berkas secara langsung. Bantuan tahun 2021 ini terbilang lebih kecil dibanding dengan tahun 2020.

Pada tahun 2021 ini, pmerintah hanya memberikan bantuan kepada setiap UMKM sebesar 1,2 juta rupiah saja. Meskipun begitu bantuan ini sangat berarti bagi para pelaku usaha kecil yang terkena dampak dari pandemi saat ini.

Sebelum mendaftarkan BLT UMKM ini, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu.

Syarat Dan Ketentuan Mendaftar UMKM 2021

Ada beberapa syarat yang harus kalian lengkapi apabila ingin mendaftar BPUM UMKM. Dimana syarat-syarat tersebut akan menjadi pertimbangan bagi pemberi bantuan atau pihak terkait mengenai kelayakan penerima BPUM UMKM ini.

Harus kalian pastikan bahwa kalian sudah melengkapi syarat-syarat untuk mendaftar BPUM UMKM langsung maupun via online ini.

Berikut ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi sebelum mendaftar BLT UMKM :

  • Pertama, Kalian harus memiliki usaha yang tergolong dalam UMKM.
  • Penduduk Asli Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan adanya KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Calon pendaftar bukan termasuk dalam bagian dari Institusi seperti POLRI, TNI, Pegawai BUMN/BUMD, dan aparatur sipil negara.
  • Usaha yang sedang dijalani tidak menerima pinjaman ataupun kredit pada Bank manapun.
  • Memiliki SKU (Surat Keterangan Usaha) yang diterbitkan dan disahkan oleh pihak yang berwenang.

Semua syarat dan ketentuan tersebut wajib untuk kalian penuhi. Apabila kalian belum memiliki SKU maka segeralah kalian membuatnya sebab itu menjadi syarat utama mendaftar BPUM UMKM ini.

Selain memenuhi semua syarat-syarat, kalian juga perlu menyiapkan berkas-berkas pengajuan BPUM UMKM.

Berikut dibawah ini berkas-berkas yang harus kalian persiapkan untuk mendaftar BPUM UMKM :

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP kalian.
  • Nomor handphone yang aktif.
  • Alamat tempat tinggal saat ini.
  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) apabila tempat usaha berbeda dengan tempat tinggal kalian saat ini.
  • Bidang usaha yang kalian jalani.

Setelah semua syarat dan berkas-berkas yang dibutuhkan sudah lengkap dan sesuai. Maka kalian baru bisa mengajukan pendaftaran BPUM UMKM melalui lembaga yang terkait secara online.

Cara Mendaftar UMKM Via Online

Syarat daftar UMKM

Apabila kalian sudah melengkapi semua persyaratan serta berkas yang dibutuhkan, maka kalian bisa langsung mendaftar BLT UMKM ini secara online melalui website internet yang sudah disediakan.

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Uang

Dibawah ini kami memberikan informasi mengenai cara mendaftar BPUM UMKM secara online :

  • Pertama, kalian kunjungi website resmi pendaftaram BPUM UMKM ini yaitu oss.go.id melalui web browser.
  • Kalian buat akun terlebih dahulu.
  • Setelah itu, masuk ke halaman utama maka kalian langsung klik Masuk
  • Kalian pilih menu Ajukan Perizinan Usaha Mikro Kecil, setelah itu pilih jenis usaha pada kolom yang telah disediakan yaitu pilih Perorangan.
  • Kalian akan diarahkan untuk Mengisi Formulir dan langsung saja kalian isi semua informasi yang dibutuhkan dengan benar.
  • Jika kalian sudah selesai mengisi semua informasi yang ada, maka kalian langsung klik Simpan dan Lanjutkan.
  • Bagi kalian yang memiliki usaha kecil maka bisa pilih Mengisi Formulir Komitmen Prasarana Usaha untuk mengajukan izin lokasi serta lingkungan.
  • Jika sudah kalian bisa langsung klik Lanjutkan.
  • Setelah itu kalian bisa melihat rangkuman data yang telah kalian masukan.
  • Selanjutnya kalian klik Tanda Centang pada kotak Disclamer.
  • Kalian lanjutkan dengan memilih Proses NIB.
  • Proses selesai, jika kalian sudah memiliki NIB maka kalian akan terdaftar menjadi pelaku UMKM yang berhak mendapatkan BPUM.

Pastikan ikuti semua langkah yang kami berikan diatas, supaya poses pendaftaran berjalan lancar dan bantuan pun bisa langsung kalian terima.

Cara Mendaftar Bantuan UMKM Langsung

Beberapa Pemerintah Daerah sudah memberlakukan pendaftaran UMKM online, atau bisa dibilang pengajuan berkas bisa dilakukan secara online (Daftar Online UMKM).

Tetapi diberbagai daerah masih juga mengharuskan pelaku usaha untuk datang langsung ke kantor untuk melakukan penyerahan berkas. Selanjutnya dinas terkait akan langsung menyampaikan ke dinas tingkat provinsi lalu dilanjutkan ke KEMENKOP dan UMK Deputi Bidang Usaha Mikro.

Adapun berkas-berkas yang harus kalian siapkan adalah sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Nama lengkap, Alamat tempat tinggal.
  • Bidang usaha dan Nomor handphone.
  • Serta syarat dan ketentuan lainnya.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan seputar Syarat Daftar UMKM. Semoga info yang kami berikan bisa kalian gunakan untuk mendapatkan bantuan yang diberikan oleh pihak pemerintah, terimakasih.